Cara Meninggikan Loncatan Dengan 8 Cara Cepat Dan Mudah


Cara Meninggikan Loncatan Dengan 8 Cara Cepat Dan Mudah

Cara Meninggikan Loncatan Dengan 8 Cara Cepat Dan Mudah


Cara Meninggikan Loncatan Dengan 8 Cara Cepat Dan Mudah – Mempunyai loncatan yang tinggi merupakan idaman para pemain bola voli dan bola basket. Kedua olahraga jenis ini memang sangat membutuhkan kemampuan untuk melompat yang tinggi terutama untuk melakukan smash, dan blocking pada bola voli, dan slam dunk pada olahraga basket,  Bukan hanya itu, seorang bek dan striker dalam sepak bola juga dituntut untuk mempunyai loncatan yang tinggi agar dapat memenangkan duel-duel bola udara.

Dan berikut adalah cara meninggikan loncatan dengan mudah :

1. Ukur Kemampuan Awal

Betul sekali  ini adalah cara meninggikan loncatan yang pertama adalah anda harus mengukur loncatan awal anda sebelum berlatih agar bisa mengetahui tinggi loncatan kita sebagai data awal sebelum latihan. Berdirilah di sebelah tembok atau tiang lalu meloncatlah setinggi mungkin. Mintalah kepada teman anda untuk melihat dan menandai batas tertinggi dari loncatan anda dengan kapur atau yang lain sebagai tanda. Tanda ini nantinya akan dipakai untuk mengukur seberapa jauh perkembangan kita dalam berlatih nanti.

2. Lompat Tali

Lompat tali atau dikenal juga dengan nama skipping adalah cara meninggikan loncatan yang termasuk mainstream tetapi cukup efisien dan efektif. Anda cukup mencari seuntas tali lalu memainkan lompat tali selama dan sesering mungkin dan dilakukan dengan rutin.

Tapi yang harus diingat adalah ketika anda melakukan latihan olahraga peninggi ini jangan sekali-sekali melompat dengan menggunakan satu kaki karena hal ini bisa membuat  atau menimbulkan cidera dan tidak akan menguatkan otot-otot kaki anda. Tapi ketika sudah mulai mahir, tambahlah frekuensi latihan dan kecepatan lompat anda.

3. Latih Otot Betis

Betis merupakan bagian tubuh yang berkontraksi utama dengan lutut ketika kita melakukan loncatan. Oleh karena itu latihlah otot betis anda dengan teratur. Cara melatih otot betis ini juga bervariasi. Tetapi yang paling efisien dan sering digunakan adalah latihan dengan berjinjit di ujung anak tangga.

4. Angkat Beban

Angkat Beban jika memungkinkan datanglah ke tempat gym yang memfasilitasi anda untuk membentuk otot-otot kaki. Angkatlah beban-beban yang berat yang sesuai kemampuan anda  dan
tidak sampai mencederai. Dengan demikian otot kaki-kaki anda bisa terbentuk dan mendukung untuk melakukan atau meloncat lebih tinggi.

5. Sprint

Selain pada lutut dam betis, tolakan lompatan juga terjadi pada bagian tumit. Untuk itu, anda juga perlu untuk melatih otot tumit dengan cara melakukan sprint. Lakukan olahraga lari sprint selama 20 menit bolak-balik. Latihan ini telah  terbukti efektif untuk menguatkan otot-oto tumit.

8. Latih Lompatan Anda

Dari semua latihan cara meninggikan loncatan hanya akan percuma jika anda tidak melatih lompatan itu sendiri. Untuk itu, selingi setiap latihan-latihan di atas dengan latihan melompat. Ukur setiap lompatan anda tersebut apakah sudah ada perubahan atau melewati batas lompatan awal ketika belum memulai latihan.

7. Lari Tangga

Selain sprint dan lontat tali atau skipping anda juga boleh melatih otot-otot anda dengan cara lari tangga. Tetapi lari tangga lebih cenderung untuk menguatkan otot lutut anda. Lakukan lari tangga selama beberapa menit saja dalam sehari dan kalau bisa diperbanyak lagi kalau sudha terbiasa.

8. Ayunkan Tangan Ketika Melompat

Dan berikut adalah cara meninggikan loncatan yang terakhir yaitu ayunkan tangan anda ketika sengan melompat. Hal ini karena gaya dorong yang disebabkan oleh tangan akan sedikit mendorong badan anda lebih ke atas dan membuat lompatan menjadi lebih tinggi.

Demikian lah artikel tentang cara meninggikan loncatan dengan 8 cara cepat dan mudah, Sering-seringlah untuk berlatih dan jangan lupa melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga tersebut. Dan terima kasih telah berkunjung ke Blog kami, salam sehat dan salam olahrga.


|| Baca juga Artikel menarik lainnya :
Jenis Olahraga dan Gerakan Olahraga Peninggi Badan
Naikin Tinggi Badan Yuk dengan Olahraga Yoga
Skipping Peninggi Badan

Posting Komentar

0 Komentar