Skipping Peninggi Badan


Betulkah Olahraga Skipping Bisa Membuat Badan Tambah Cepat Tinggi

Betulkah Olahraga Skipping Bisa Membuat Badan Tambah Cepat Tinggi?


Skipping Peninggi Badan - Skipping atau lompat tali adalah olahraga sederhana, umum yang mudah dan juga murah meriah. Manfaat yang didapat selain menyehatkan bagi jantung dan paru-paru, banyak juga yang bilang bahwa skipping bisa menjadi cara paling cepat menambah tinggi badan. Betulkah olahraga skipping bisa membuat badan tambah cepat tinggi? atau hanya mitos saja?

Apa saja faktor yang memengaruhi tinggi badan seseorang?

Gen merupakan faktor utama yang menentukan tinggi badan seseorang. Sekitar 60-80 persen dari tinggi badan kita akan ditentukan oleh genetik warisan dari orang tua. Kalau orangtua kita pendek, maka besar kemungkinan kita juga memiliki postur yang juga pendek. Sisanya tergantung dari faktor lingkungan, terutama pada nutrisi makanan dan kegiatan rutinitas aktivitas fisik dalam sehari-hari.

Cek-ricek dari manfaat skipping sebagai penambah tinggi badan

Betul bahwa olahraga dengan teratur bisa membantu menambah tinggi badan. Pasalnya karena selama berolahraga,  tubuh kita akan melepaskan lebih banyak hormon pertumbuhan atau HGH untuk mendukung pertumbuhan pada tinggi badan yang lebih maksimal.

Selain dari itu, olahraga dengan teratur secara umum akan membantu menguatkan struktur tulang dan otak. Nah saat kita melakukan olahraga skipping, tulang juga akan dilatih untuk menerima beban dengan menopang berat badan kita. Pembebanan inilah yang menjadi pemicu terbentuknya sel-sel tulang yang baru.

Tidak semua orang dapat bertambah tinggi badannya dengan melakukan olahraga skipping

Manfaat skipping sebagai salah satu cara menambah tinggi badan sebenarnya tidak bisa dinikmati dan di rasakan oleh semua orang. Skipping atau lomat tali bisa menambah tinggi badan terlebih jika sudah rutin dilakukan sejak masa anak-anak hingga seterusnya. Dasarnya, meskipun kelenjar pituitari tidak pernah berhenti memproduksi hormon HGH, tetapi jumlahnya akan sangat memuncak selama masa pubertas dan berangsur-angsur menurun setelah usia 30 tahun.

Terlebih lagi, pada tulang anak-anak dan remaja yang masih mengalami masa pertumbuhan, pembentukan sel-sel tulang baru akan memengaruhi ukuran tulang menjadi semakin panjang. Tinggi badan pun juga akan semakin tinggi dengan pembentukan sel-sel tulang yang baru itu.

Selain karena adanya faktor produksi HGH dan sebagai pertumbuhan tulang yang lebih cepat pada anak-anak, perlu diketahui juga bahwa tinggi badan akan berhenti tumbuh ketika lempeng epifisis menutup (bagian tulang panjang). Tinggi badan pada wanita biasanya akan berhenti tumbuh sekitar usia 16 tahun, dan untuk pria 18 tahun. Sedangkan tinggi badan pria dan wanita akan menyusut mulai dari usia 40 tahun hingga seterusnya.

Sehingga tidak heran jika skipping atau lompat tali menjadi salah satu aktivitas fisik yang sangat membantu untuk pertumbuhan tinggi badan pada anak. Bagi yang berusia sudah di atas 30, efek pertumbuhan tinggi badan dari skipping biasanya tidak membuahkan hasil.

Manfaat skipping untuk orang dewasa
Biarpun untuk orang dewasa manfaat skipping tidak mampu membuat badan jadi lebih tinggi lagi, rajin olahraga lompat tali juga bisa memperkuat otot dan menjaga kekuatan dan kepadatan tulang.

Bagi orang dewasa yang sudah tidak lagi mengalami pertumbuhan, pembentukan sel-sel tulang baru akan mengisi tulang agar menjadi semakin padat dankuat. Kondisi tersebut akan membuat tulang semakin kuat dan menurunkan risiko pengeroposan tulang.

Selain untuk memperkuat tulang, gerakan lompatan yang dilakukan secara berulang kali juga akan membentuk otot-otot kaki kita menjadi semakin kuat. Dengan otot kaki yang kuat sudah pasti tentunya akan membuat kita menjadi tidak cepat lelah saat berjalan jauh atau saat menaiki tangga.

Demikianlah atikel tentang skipping peninggi badan yang meliputi betulkah olahraga skipping bisa membuatbadan tambah cepat tinggi? Dan terimakasih atas kunjungannya mampir pada blog kami, terima kasih dan semoga bermanfaat.

|| Baca juga Artikel menarik lainnya :
Jenis Olahraga dan Gerakan Olahraga Peninggi Badan
Naikin Tinggi Badan Yuk dengan Olahraga Yoga
Skipping Peninggi Badan


Posting Komentar

0 Komentar