Jenis Olahraga dan Gerakan Olahraga Peninggi Badan


10 Jenis Olahraga dan Gerakan Olahraga Peninggi Badan - Paling Cepat dan Efektif

10 Jenis Olahraga dan Gerakan Olahraga Peninggi Badan # Paling Cepat dan Efektif


Jenis Olahraga dan Gerakan Olahraga Peninggi Badan # Paling Cepat dan Efektif  – Punya tinggi badan ideal adalah kemauan hampir setiap orang. Tetapi tidak semua orang dianugerahi tinggi badan yang ideal, Karena hal dipengaruhi oleh faktor genetik. Terus adakah cara yang bisa dilakukan agar bisa tinggi? Tentu saja pasti ada. Salah satu cara untuk meninggikan badan adalah dengan melakukan olahraga peninggi badan.

Berikut adalah 10 Olahraga Peninggi Badan yang Cepat dan Efektif, Ya karena olahraga diklaim efektif dalam membantu untuk menaikkan tinggi badannya dan berikut adalah jenis olahraga untuk meninggikan badan:

1. Basket

Semua pasti setuju kalau olahraga basket ini mampu membuat tinggi badan bertambah. Karena basket terdiri dari dua gerakan utama, yakni berlari dan melompat. Kedua gerakan tersebut dilakukan secara konstan selama permainan berlangsung secara langsung menyebabkan lempeng pertumbuhan mengalami guncangan.

Efeknya lempeng akan teraliri banyak darah dan bisa merangsang pertumbuhan. Selain itu gerakan meloncat saat sedang shooting atau blocking bola dari lawan akan menyebabkan otot meregang, dan berkontraksi saat kembali menapakdan hal ini juga merangsang tulang untuk tumbuh.

2. Bersepeda

Tidak hanya untuk menambah stamina dan menjaga paru-paru serta kesehatan jantung, bersepeda juga menjadi cara meninggikan badan yang efektif, Karena gerakan mengayuh sepeda secara tidak langsung meningkatkan pasokan darah ke lutut dan otot paha sehingga merangsang pertumbuhan tulang, di samping itu bersepeda membuat aliran oksigen berjalan lancar keseluruh tubuh yang menyebabkan tubuh bagian atas menjadi lebih kuat.

|| Baca juga tentang artikel sepeda disini

3. Berenang

Berenang mempunyai gerakan yang dapat membantu memperkuat dan merangsang pertumbuhan tulang belakang. Pada saat berenang otot tubuh akan bergerak dan akan melakukan gerakan horizontal. Selain membutuhkan usaha lebih, gerak di dalam air melawan gravitasi sehingga membuat otot di bagian dada meregang dan berkontraksi. Itulah salah satu alasan mengapa berenang bisa merangsang pertumbuhan, terutama pada tubuh bagian atas.

4. Olahraga Lompat Tali (Skipping)

Lompat tali adalah salah satu cara meninggikan badan dengan olahraga yang cukup sederhana karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Hanya membutuhkan tali khusus (bisa dibeli di toko peralatan olahraga) dan niat untuk menerapkannya secara konsisten.

Melakukan lompat tali atau skipping akan membuat otot tubuh terutama di bagian kaki, meregang dan berkontraksi. Akibat gerakan ini akan menciptakan pada hormon pertumbuhan di semua bagian tubuh.

Bagi yang tidak memiliki kemampuan berenang atau bermain basket, bisa mencoba jenis olahraga peninggi badan ini untuk meninggikan tubuh secara efektif dan cepat.

|| Baca artikel menarik tentang olahraga skipping disini

5. Olahraga Sepakbola

Sepakbola sebagai olahraga paling populer di dunia ini ternyata juga efektif dalam membuat tinggi badan bertambah. Sama dengan olahraga basket, sepakbola juga terdiri dari gerakan-gerakan seperti lari dan melompat yang mampu membuat lempeng pertumbuhan teraliri darah dan oksigen sehingga merangsang pertumbuhan tinggi badan secara cepat dan efektif.

6. Olahraga Yoga

Sejumlah gerakan dalam yoga dinilai berpengaruh dalam merangsang pertumbuhan tulang. Gerakan tersebut di antaranya mountain, tree, triangle, surya namaskar, chakrasana, dan adho mukha syanasana.

Selain itu olahraga yoga juga bersifat sebagai penghilang stress mampu membuat otot dan sendi menjadi lebih rileks. Hal ini tentu bagus karena otot dan sendi dalam keadaan rileks bisa memperlancar aliran hormon pertumbuhan.

|| Baca artikel selengkapnya tentang Yoga disini

7. Olahraga Bulutangkis

Olahraga bulutangkis adalah cabang olahraga andalan Indonesia di setiap pentas dunia seperti Asian Games dan Olimpiade. Dan kita semua tahu kalau bulutangkis (badminton) banyak diisi gerakan melompat. Hal ini menjadikan bulutangkis sebagai olahraga peninggi badan yang perlu dicoba jika ingin tinggi badan naik secara cepat.

Selain dalam bentuk olahraga permainan, cara meninggikan badan juga bisa dilakukan dengan gerakan olahraga meninggikan badan.

8. Gerakan Pull-up

Pull-up atau bergelantungan menggunakan medium palang atau sejenisnya berguna untuk memanjangkan, dan meluruskan tulang belakang. Untuk hasil terbaik, sebaiknya lakukan latihan olahraga peninggi badan pull-up setiap hari minimal 10 menit sekali sebanyak 10 kali.

9. Gerakan Squat Jump

Squat jump juga menjadi gerakan olahraga meninggikan badan yang selanjutnya yang harus dicoba. Selain untuk melatih otot, gerakan pada squat jump berhubungan dengan bagaimana tulang dapat terangsang untuk tumbuh.

Meskipun mudah dilakukan, namun tidak bisa melakukan olahraga peninggi badan ini secara sembarangan, jika ingin hasilnya kelihatan. Dan berikut adalah cara melakukan squat jump yang benar:

  • Tubuh dalam posisi berdiri tegak dengan kaki agak sedikit terbuka
  • Posisikan atau letakkan kedua tangan di belakang kepala
  • Ambil posisi jongkok dengan perlahan
  • Tahan posisi jongkok tersebut kurang lebih selama 30 detik
  • Lompat kemudian kembali lagi ke posisi jongkok


10. Gerakan Stretching

Gerakan stretching atau meregangkan tubuh biasanya dilakukan sebagai bentuk pemanasan (warm up) sebelum melakukan olahraga seperti bermain sepakbola atau renang. Dan ternyata siapa sangka stretching termasuk gerakan olahraga peninggi badan.

Cara meninggikan badan lewat gerakan olahraga stretching ini ada berbagai macam, salah satunya cobra stretching. Pertama-tama, posisikan tubuh kiata dalam keadaan tengkurap. Kemudian, angkat tubuh bagian atas secara perlahan dan posisi kepala menghadap ke atas. Gerakan seperti ini dipercaya bisa merangsang pertumbuhan badan.

Apakah orang yang sudah dewasa masih bisa tinggi dengan melakukan olahraga peninggi badan ini?


Pertumbuhan tinggi badan akan berhenti pada saat lempeng pertumbuhan (epifisis) sudah tertutup. Pada pria, kondisi ini biasanya terjadi saat berusia 20 tahun, sedangkan perempuan adalah pada usia 16-19 tahun. Jika saat ini Anda sudah berusia diatas 20 tahun, kemungkinan tubuh akan bertambah tinggi adalah sulit.

Jika ingin tetap menaikkan tinggi badan sebaiknya berkonsultasi ke dokter ortopedi. Dokter kemungkinan akan melakukan tindakan operasi meninggikan badan. Meskipun demikian, tidak ada salahnya mencoba cara meninggikan badan dengan cara diatas. Dengan catatan, imbangi kegiatan tersebut dengan asupan nutrisi dari makanan, seperti:

  • Susu
  • Brokoli
  • Daging sapi
  • Ikan
  • Ayam
  • Kacang-kacangan
  • Jamur

Selain itu yang perlu diperhatikan adalaha perbaiki juga gaya hidup yang berpotensi mengganggu kesehatan contohnya merokok, mengonsumsi alcohol dan kurang tidur. Terakhir, jangan cepat percaya dengan obat-obatan atau suplemen yang diklaim bisa menambah tinggi badan. Lebih baik konsultasikan dengan dokter terkait untuk mengetahui formula ideal guna meninggikan badan.  Demikianlah artikel tentang Jenis Olahraga dan Gerakan Olahraga Peninggi Badan dan terimakasih telah berkunjung ke blog kami, Sekian dan semoga bermanfaat.


|| Baca juga Artikel menarik lainnya :
Jenis Olahraga dan Gerakan Olahraga Peninggi Badan
Naikin Tinggi Badan Yuk dengan Olahraga Yoga
Skipping Peninggi Badan



Posting Komentar

0 Komentar