Jenis-jenis Olahraga Air


Jenis-jenis Olahraga Air

7 Jenis Olahraga Air dan Penjelasannya



Jenis-jenis Olahraga Air – Olahraga merupakan suatu kebutuhan kita sebagai manusia. Karena olahraga merupakan salah satu cara supay kita bisa terus untuk menjaga kesehatan jasmani maupun rohani kita.

Olahraga bisa dilakukan kapan dan di manapun. Baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan, di dalam lapangan maupun di jalan. Baik itu di darat, di udara, maupun di dalam air.

Pada kesempatan ini hanya jenis-jenis olahraga air saja yang akan dibahas, Sebetulnya olahraga air ini juga banyak sekali jenis-jenisnya. Tapi pada artikel ini hanya akan membahas 7 jenis olahraga air yang mungkin bisa kamu coba.

7 Jenis Olahraga Air dan Penjelasannya


1. Olahraga Renang

Olahraga Renang adalah jenis olahraga yang tidak menggunakan gaya gravitasi bumi (non weight barring). Olahraga renang bisa meningkatkan kesehataan kamu,dan olahraga ini juga bisa dibilang minim terhadap resiko terjadinya cedera fisik. Karena pada saat berenang, berat badan akan ditahan oleh air sehingga badan menjadi mengapung.

Olahraga Renang

Olahraga renang juga adalah olahraga yang paling dianjurkan untuk yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas, ibu hamil, dan bagi penderita pada persendian tulang (arthritis).

Manfaat berenang sangat banyak bagi kesehatan di antaranya:
  • Melatih pernafasan
  • Membentuk otot
  • Membakar kalori lebih banyak
  • Menambambah tinggi badan
  • Meningkatkan fungsi paru-paru dan jantung
  • Menghilangkan stres


2. Olahraga Polo Air

Olahraga Polo air adalah olahraga air yang dimainkan secara beregu. Olahraga ini merupakan sebagai kombinasi dari olahraga renang, bola basket, sepak bola, dan gulat.
Olahraga Polo Air

Permainan olahraga ini masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain dan seorang kiper. Tujuan atau sasaran dari permainan olahrga polo air ini sama dengan olahraga sepak bola, yakni mencetak gol sebanyak-banyaknya kepada gawang lawan dan menjaga gawang kita kemasukan oleh tim lawan.

3. Olahraga Snorkeling

Olahraga snorkeling atau yang disebut juga dengan skin diving atau selam dangkal adalah kegiatan menyelam dengan memakai alat-alat berupa snorkel dan masker selam, Selain itu biasanya juga menggunakan alat bantu gerak seperti kaki katak untuk menambah daya dorong kaki.

Olahraga Snorkeling


Snorkel sendiri adalah alat selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di ujung bagian bawahnya. Fungsi alat ini adalah sebagai alat bantu pernafasan supaya penyelam tidak perlu mengangkat kepalanya untuk berafas. Sehingga pemandangan indah di bawah air bisa dinikmati sambil berenang.

Intinya snorkeling hanya dilakukan di permukaan air saja. Karena hanya memakai peralatan yang standar,dan  Snorkeling pun hanya bisa dilakukan pada siang hari. Karena sangat mengandalkan sinar dari matahari.

4. Olahraga Diving

Diving atau menyelam merupakan kegiatan yang berbeda dengan snorkeling. Untuk snorkeling dilakukan di permukaan air dan diving  dilakukan di dalam air.

Diving terbagi menjadi 2 jenis, yaitu  scuba diving dan free diving

a. Free Diving

Free diving atau yang dikenal dengan selam bebas merupakan kegiatan menyelam dengan menahan nafas selama beberapa waktu di dalam air.

Free diving hanya dilakukan mengandalkan paru-paru tanpa adanya alat bantu pernafasan apapun, makanya melakukan selam bebas (free diving) ini dibutuhkan kemampuan menahan nafas yang baik.

b. Scuba Diving

Scuba Diving adalah kegiatan menyelam dengan menggunakan alat bantu pernafasan berupa tabung udara.
Scuba Diving

Scuba adalah singkatan dari Self Contained Underwater Breathing Apparatus, yaitu alat yang dibawa oleh para penyelam saat melakukan scuba diving.  Dengan menggunakan tabung udara saat menyelam ini para scuba divers bisa lebih bebas beraktifitas tanpa perlu menahan nafas.

5. Kano

Kano adalah sebuah perahu kecil yang sempit dan biasanya digerakkan menggunakan tenaga manusia tetapi juga bisa dipasang oleh layar. Umumnya kano di kedua ujungnya lancip dan bagian atasnya terbuka, akan tetapi bagian ini bisa diberi tutup.

Kano dengan tenaga manusia digerakkan dengan kayuh. Jumlah pengayuhnya tergantung dari ukuran kanonya tapi umumnya dua orang.

Posisi para pengayuh biasanya duduk menghadap ke arah tujuan perjalanan. Sehingga yang membedakan dengan olahraga dayung yang menghadap belakang.

6. Memancing

Mancing adalah sebuah olahraga, hobi, atau juga menjadi pekerjaan atau sebuah profesi. Secara luas, memancing adalah kegiatan menangkap ikan di pinggir laut atau di tengah laut, danau, sungai, atau perairan lainnya dengan targetnya adalah ikan.

Tapi dalam pelaksanaanya, tidak di setiap kegiatan memancing selalu mendapatkan ikan. Memancing juga dapat diartikan selain untuk menangkap ikan, seperti penyu, kodok, cumi-cumi, dan gurita.

Berdasarkan target buruannya, memancing dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :

  • Memancing ikan air tawar,
  • Memancing ikan air laut.

Pada dasarnya, memancing merupakan salah satu dari banyak cara dalam menangkap ikan. Jadi, sebenarnya masih banyak cara lain selain memancing untuk menangkap ikan.

7. Olahraga Surfing

Olahraga Surfing atau selancar adalah olahraga yang umumnya dilakukan di atas ombak yang tinggi. dilakukan dengan menggunaakan papan khusus yang dinamai papan selancar sebagai alat bermanuver di atas ombak.
Papan selancara tersebut akan bergerak dengan memanfaatkan arus ombak di bawahnya dan arahnya dikendalikan oleh peselancar.

Adrenalin kita akan terpacu karena tertekan untuk mengontrol atau mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan, dalam surfing ini yang ditunggangi adalah ombak liar.

|| Baca artikel selengkapnya disini

Demikianlah artikel tentang jenis-jenis olahraga air yaitu 7 jenis olahraga air dan penjelasannya, terimakasih telah berkunjung ke blogkami, salah sehat dan salam olahraga.

|| Silahkan cek artikel lainnya 
Jenis Olahraga dan Gerakan Olahraga Peninggi Badan
Naikin Tinggi Badan Yuk dengan Olahraga Yoga
Skipping Peninggi Badan

Cara Meninggikan Loncatan Dengan 8 Cara Cepat Dan Mudah

Posting Komentar

0 Komentar