Manfaat Olahraga Skipping, Betulkah Bisa Menambah Tinggi Badan?

Manfaat Olahraga Skipping, Betulkah Bisa Menambah Tinggi Badan?
sumber gambar : http://nysnmedia.com/skipping-bisa-membuat-badan-menjadi-lebih-tinggi-mitos-atau-fakta

Manfaat Olahraga Skipping, Betulkah Bisa Menambah Tinggi Badan?


Artikel kali ini akan membahas tentang “Manfaat Olahraga Skipping, Betulkah Bisa Menambah Tinggi Badan?” Olahraga skipping atau lompat tali ini biasanya sering disepelekan, karena dianggap sebagai permainan alih-alih olahraga. Padahal menurut para pakar dan pelatih kesehatan, olahraga skipping atau lompat tali justru punya banyak kelebihan ketimbang olahraga mainstream, seperti angkat beban atau berlari di treadmill. Mari kita baca beberapa manfaat olahraga skipping di bawah ini. Siapa tahu anda tertarik untuk mencobanya!

Membakar Kalori Lebih Banyak daripada Olahraga Kardio

Mari kita bahas tentang olahraga kardio dahulu, Olahraga kardio adalah jenis olahraga untuk meningkatkan fungsi detak jantung, di mana jantung tersusun dari otot-otot. Otot-otot ini harus terus bergerak agar lebih kuat dan kuat lagi.

Percaya atau tidak, olahraga lompat tali atau skipping adalah jenis olahraga yang menuntut semua anggota tubuh untuk bergerak. Skipping juga termasuk atau dikategorikan kedalam HIIT (High-Intensity Interval Training) workout. Dengan seluruh anggoata tubuh yang bergerak, skipping mampu membakar kalori hingga 1.300 dalam waktu sejam. Kemudian yang lebih fantastis lagi, berdasarkan British Rope Skipping Association, melakukan skipping selama 10 menit memiliki fungsi atau manfaat kesehatan yang sama dengan berlari selama 45 menit.

Aman untuk Persendian

Banyak orang yang malas melakukan olahraga kardio karena khawatir takut mengalami masalah cedera persendian. Olahraga skipping atau lompat tali termasuk olahraga low impact. Dibandingkan dengan olahraga lari atau olahraga lainnya, tekanan dalam skipping tidak besar dan olahraga ini terbilang aman bagi persendian.

Olahraga kardio adalah jenis olahraga untuk meningkatkan fungsi detak jantung, di mana jantung tersusun dari otot-otot. Otot-otot ini harus terus bergerak agar lebih kuat dan kuat lagi.

Olahraga Tanpa Perlu Pemanasan

Karena menggerakkan seluruh anggota tubuh dan tidak ada tekanan dalam olahraga skipping atau lompat tali, Anda tidak perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga skipping. Olahraga skipping ini memiliki efek stretching yang bagus dan tubuh akan terasa menjadi lebih lentur. Karena efek stretching inilah olahraga skipping seringkali dianggap membuat tubuh lebih tinggi. Padahal, manfaat ini besar kemungkinan bisa dirasakan jika sudah rutin melakukan olahraga skipping sejak anak-anak. Dan bagi mereka yang baru mencoba latihan skipping pada usia dewasa, efek untuk menambah tinggi badan tidak akan terjadi karena bagian tulang panjang tidak lagi tumbuh atau menutup.

Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Ada banyak artist, pentinju, atlet, hingga pemain tenis yang memasukkan skipping ke dalam bagian latihannya. Bahkan selebriti Justin Bieber dan Kate Hudson juga rutin melakukan olahraga skipping. Hal ini dilakukan karena olahraga skipping membuat kita meloncat ke atas dan ke bawah, sehingga bagian tengah tubuh akan secara otomatis menjaga keseimbangan keseluruhan anggota badan. Skipping juga menuntut koordinasi bagian tubuh yang baik. Olahraga ini pastinya dijamin akan melatih keseimbangan tubuh.

Cocok untuk Pemula

Cocok buat pemula, betul banget baik tua maupun muda, gemar berolahraga atau tidak, siapa saja bisa mencoba olahraga skipping atau lompat tali ini. Anda tidak butuh skill berlari yang baik dan otot yang kuat, karena skipping hanya mengandalkan lompatan dan juga stamina. Selebihnya, olahraga ini juga dibilang sangat terjangkau karena alat skipping tidak terlalu mahal, dan anda bisa membawanya di dalam tas, dan melakukan skipping di mana saja.

Demikianlah artikel tentang manfaat olahraga skipping, betulkah bisa menambah tinggi badan? Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung kepada halama blog kami.

Posting Komentar

0 Komentar