Pengertian Snorkeling dan Diving serta istilah dalam Diving


Pengertian Snorkeling dan Diving serta istilah dalam Diving

Pengertian Snorkeling dan Diving serta istilah dalam Diving


Pengertian Snorkeling dan Diving serta istilah dalam Diving - Snorkeling merupakan olahraga berenang atau menyelam dengan menggunakan peralatan seperti snorkeldan masker. Selain mengunakan peralatan tersebut para penyelam biasanya menggunakan alat bantu kaki katak,supaya lebih lincah bergerak saat berada di dalam air.

Olahraga ini bisa dimainkan oleh semua orang dan kalangan, dengan syarat utama bisa berenang. Ketika menyelam pada daerah dengan suhu rendah, penyelam biasanya memakai baju selam supaya tubuhnya tetap hangat. Dan selain untuk menghangatkan tubuh juga dapat menjaga tubuh agar tidak terlukai oleh karang.

Cabang olahraga snorkling juga telah popular untuk kegiatan rekreasi. Terutama untuj daerah pantai beriklim tropis dan daerah yang dangkal. Karena keindahan alam bawah lautnya menjadi penyelam bisa mengamati ragam fauna dan flora yang ada di bawah laut.

 Snorkeling dan Diving Itu Berbeda, padahal sama-sama olahraga menyelam


Snorkeling dan diving merupakan sama-sama kegiatan menyelam di laut. Kedua kegiatan ini juga termasuk olahraga air yang bisa menyehatkan tubuh. Kemudian, apa perbedaan dari kedua olahraga ini?

Kedalaman Laut

Perbedaan yang paling dasar dan terasa dari kedua kegiatan menyelam ini adalah kedalaman laut untuk menyelam.

Saat snorkeling biasanya hanya akan menyelam di permukaan laut saja. Sedangkan saat kita diving, kita akan menyelam ke bagian laut yang lebih dalam, Apalagi jenis scuba diving, menyelam sampai ke dasar laut.

Peralatan

peralatan yang digunakan pada snorkeling dan diving itu hampir sama. Saat kita snorkeling, kita akan menggunakan kacamata renang, snorkel dan kaki katak yang berbentuk seperti huruf J.  Karena hanya berenang di permukaan saja, kita tidak membutuhkan tabung oksigen. Kita tetap bisa bernapas dengan menggunakan snorkel asalkan alat itu tidak masuk seluruhnya ke dalam air.
Sedankan pada diving alat yang digunakan lebih lengkap dan mempergunakan tabung udara untuk bernafas didalam laut.

Apa Saja Manfaat Olahraga Diving?

Olahraga air ini dilakukan bukan hanya untuk mengagumi keindahan bawah laut saja, tetapi ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, beberapa diantaranya adalah:
-  Untuk melatih kelenturan otot seluruh anggota tubuh yang harus lincah untuk menuju ke lokasi tertentu
- Melancarkan sirkulasi darah karena otot tetap bergerak dengan konstan pada saat menyelam
-  Membantu melancarkan sistem pernafasan dan melatih otot paru-paru
-  Selain itu, olahraga air ini juga membantu untuk menurunkan berat badan. Karena untuk menyelam dibutuhkan kalori yang cukup banyak agar terus bergerak di dalam air. 

Macam-macam Istilah Diving yang Harus kita Tahu

Menyelam atau diving adalah salah kegiatan yang sangat menyenangkan. Karena, kita bisa melihat hewan-hewan bawah laut, seperti ikan-ikan kecil yang berwarna-warni, hiu, penyu, belut laut, dan lain-lain. Mungkin kamu sudah sering diving, bahkan sudah pernah bareng ikan besar atau terumbu karang yang indah pada saat diving. Tetapi, bisa jadi ada istilah-istilah dalam diving yang belum kamu tahu. Dan berikut istilah diving yang harus kita ketahu:

1. Free Diving/ Skin Diving: Diving yang dilakukan hanya dengan menggunakan peratalatan menyelam dasar, seperti snorkel, fins, dan masker. Diving jenis ini tidak menggunakan tabung oksigen untuk membantu pernafasan.

2. Scuba Diving: Diving dengan peralatan selam yang lengkap dan profesional yang disebut dengan SCUBA (Self Breathing Underwater Breathing Apparatus).

3. Nitrox Diving: Sama dengan scuba diving, penyelaman ini juga menggunakan peralatan selam yang lengkap. Bedanya pada kadar campuran oksigen dan nitrogen dalam tabung lebih banyak, hingga bisa menyelam dengan waktu yang lebih panjang.

4. Wet Suit : adalah baju yang digunakan untuk menyelam yang terbuat dari bahan neophrene yang memiliki rongga udara. Pakaian ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari goresan-goresan dan menjaga suhu tubuh agar tidak drop.

5. Snorkel: adalah alat bantu napas yang berbentuk seperti pipa yang digunakan untuk mengambil napas tanpa harus mengangkat kepala keluar dari air.

6. Fins: Biasanya disebut juga dengan kaki katak dan berfungsi untuk membantu memudahkan pergerakan di dalam air.

7. BCD (Bouyancy Compensator Device): adalah rompi yang gunakan untuk menyelam, yang di dalamnya terdapat air cell, yang berfungsi untuk membantu mengatur daya apung selama menyelam.

8. Regulator: adalah alat pengubah tekanan udara menjadi tekanan udara yang lebih rendah sesuai kebutuhan,

9. Depth Gauge: adalah alat pengukur kedalaman pada saat diving.

10. Pressure Gauge: adalah alat pengukur tekanan udara pada tabung.

11. Tank Valve: adalah alat yang terpasang di mulut tabung udara yang berfungsi seperti pembuka dan penutup aliran udara dari tabung.

12. Weight Belt: adalah sabuk pemberat yang digunakan untuk mengatur daya apung, sehingga bisa menyelam ke bawah.

13. Dive Computer: adalah alat bantu untuk perencanaan dan memonitor penyelaman dan biasanya dipakai di pergelangan tangan dan bentuknya menyerupai jam tangan.

14. Alternate Air Souce: adalah sumber udara cadangan yang berwarna kuning dan terpasang pada rompi menyelam yang kamu gunakan untuk berjaga-jaga.


Posting Komentar

0 Komentar