Gobak Sodor (Permainan Hadang)


Gobak Sodor (Permainan Hadang)

Gobak Sodor (Permainan Hadang), Peraturan Gobak sodor dan cara main Gobak sodor 


Gobak Sodor (Permainan Hadang) - Gobak Sodor atau Permainan Hadang termasuk salah satu permainan tradisional Indonesia yang juga di mainkan di negara lain. di Indonesia sendiri Gobak Sodor atau Hadang memiliki nama tersendiri disetiap daerah di Indonesia, tetapi tetap pada aturan dan cara bermain yang sama.

Gobak sodor atau permainan hadang memiliki arti sendiri pada setiap pemainnya, biasanya permainan ini dimainkan pada saat jam istirahat sekolah, pada sore hari dilingkungan tinggal masyarakat dan tentu saja permainan yang gemar di mainkan oleh anak-anak ini bisa juga untuk melatih berbagai keterampilan dan kecakapan pada diri anak terutama untuk fisik tubuh anak. Misalnya : Kecepatan, kelincahan, dan gerak reflek pada anak, tentu saja kekompakan tidak luput pada permainan ini. Bahkan orang dewasa juga berhak memainkan permainan ini.

Tidak ketinggalan juga gobak sodor atau permainan Hadang juga dipertandingkan pada Event sebesar O2SN biasanya pada tingkatan SD/SMP yang termasuk kedalam cabang Permainan.

Peraturan Gobak Sodor (Permainan Hadang)

Aturannya permainannya sendiri sangat mudah untuk diterapkan, dan berikut adalah ulasan singkatnya :
- Terdiri dari 2 tim dengan jumlah pemain sebanyak 5 orang pemain dan 3 cadangan atau lebih.
- Pemain yang menjadi penjaga diharuskan menjaga satu orang dari pemain lawan, dan yang bertugas pada garis tengah area permaian mengatur semua pergerakan lawan atau mengepung lawan.
- Permainan dinyatakan selesai atau berganti jaga ketika pemain yang menjaga menyentuh anggota tubuh pemain lawan atau sebaliknya.
- Setiap game di batasi oleh waktu dan babak permainan, waktu permainan tergantung dari wasit atau juri yang memimpin antar pemain.
- Pemain dinyatakan menang apabila meraih kemenangan terbanyak pada waktu permainan yang di tentukan.
- Untuk ukuran arena permainan bisa memakai lapangan voli yang dibagi atas 6 ruang, atau bisa dengan ukuran yang kalian tentukan sendiri. 


Cara Bermain Gobak Sodor (Permainan Hadang):

Membuat garis penjagaan dengan kapur seperti lapangan bulu tangkis, bedanya hanya tidak ada garis yang rangkap.

Membagi pemain menjadi dua tim, satu tim terdiri dari 3 – 6 atau dapat disesuaikan dengan jumlah peserta. Salah satu tim akan menjadi tim “jaga” dan tim yang lain akan menjadi tim “lawan”.

Pemain anggota tim yang mendapat giliran “jaga” akan menjaga lapangan, caranya yang dijaga adalah garis horisontal dan juga ada juga yang menjaga garis batas vertikal.

Untuk penjaga garis horisontal tugasnya ialah berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah di tentukan sebagai garis batas bebas.

Bagi seorang yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal maka tugasnya ialah menjaga keseluruhan garis batas vertikal yang terletak pada tengah lapangan.

Sedangkan tim yang menjadi “lawan”, harus berusaha melewati baris ke baris hingga baris paling belakang, lalu kembali lagi melewati penjagaan lawan hingga sampai menuju baris awal.

Manfaat Gobak Sodor (Permainan Hadang)

Permainan ini sangat menyenangkan dan menarik sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika di perlukan untuk meraih kemenangan.

Nilai spiritual dalam permainan Gobak Sodor atau permainan hadang selain kebersamaan, kita juga bisa belajar kerja sama yang kompak antara satu penjaga dengan penjaga lainnya supaya lawan tidak lepas kendali untuk keluar dari kungkungan atau penjagaan kita.

Pada pihak yang lain bagi penerobos yang piawai, di sana masih banyak pintu-pintu yang terbuka apabila satu celah di rasa telah tertutup.

Jangan putus asa bila dirasa ada pintu satu yang dijaga, karena masih ada pintu lain yang siap untuk menerima kedatangan kita, dan yang penting kita mau berusaha dan bertindak segera. Ingatlah bahwa peluang selalu ada, walaupun terkadang peluangnya hanya sangat sedikit.

Demikianlah artikel tentang Gobak Sodor (Permainan Hadang), semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung kehalaman blog kami, dan salam olahraga.
* sumber gambar google

Posting Komentar

0 Komentar